January 29, 2023

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Mayjen TNI Syafrial Tinjau Latihan Penyiapan Pratugas Yonarmed 11 Kostrad

 2,040 total views,  2 views today

Magelang, www.jawamedianews.com – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Syafrial didampingi Asintel Kasdivif 2 Kostrad Kolonel Inf. Erwin A.T. Wiyono A. dan Waasops Kasdivif 2 Kostrad Letkol Inf. Gustiawan Ferdianto, meninjau jalannya Latihan Penyiapan Pratugas Satgas Pengamanan Perbatasan Darat RI – Malaysia Yonarmed 11/76 Tarik/GG/2/2 Kostrad di wilayah Kalimantan Utara sampai dengan Kalimantan Timur tahun anggaran 2022.

Kegiatan yang berlangsung di daerah latihan Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (8/12/2022) tersebut sebagai modal utama dalam menjalankan keberhasilan tugas, Yonarmed 11 Kostrad melaksanakan latihan penyiapan pratugas yang diharapkan dapat menjadi bekal berharga sebelum nantinya melaksanakan Latihan Pratugas yang diaplikasikan di medan operasi sebenarnya.

Perlu diketahui, Satuan Tugas Yonarmed 11 Kostrad melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan darat RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Utara sampai dengan Kalimantan Timur guna mencegah pelanggaran wilayah, penyelundupan dan pencurian Sumber Daya Alam (SDM) serta melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah perbatasan darat RI-Malaysia dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Dalam jam pimpinannya, Mayjen TNI Syafrial menekankan kepada seluruh prajurit harus mengusai dan mahir dalam mengaplikasikan materi Hukum, Teritorial, Intelijen dan Tempur didalam pelaksanaan Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia.

“Adapun materi latihan yang sengaja dihadapkan dengan hal menonjol yang terjadi pada saat ini, perlu ditambahkan prosedur-prosedur teknis penanganan masalah, contoh prosedur menangani masyarakat yang akan menjadi Pelintas Batas Illegal Logging, Penyelundupan, Narkoba, Illegal Mining, dan Human Trafficking,” sambungnya.

“Pelaku latihan harus serius, profesional dan berpedoman pada referensi serta rencana yang dibuat. Penyelenggara harus kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan profesionalisme personel Satgas yang akan dibawa sampai di medan operasi sebenarnya,” pungkasnya.

Diakhir sambutannya, Mayjen TNI Syafrial mengimbau kepada seluruh personel latihan untuk meminimalisir terjadinya kerugian personel dan materiil baik sebelum, selama maupun sesudah pelaksanaan Latihan Penyiapan Pratugas. Keterbatasan dan kekurangan yang ditemui selama pelaksanaan latihan hendaknya dijadikan sebagai suatu tantangan untuk lebih kreatif, inovatif dan berinisiatif dalam menghadapi berbagai kendala di lapangan.

Usai melaksanakan jam pimpinan kepada prajurit Yonarmed 11 Kostrad, Mayjen TNI Syafrial melaksanakan bakti sosial dengan memberikan paket sembako kepada masyarakat sekitar daerah latihan. (*Red/Jo/Bill)