December 3, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Pangdivif 2 Kostrad Menghadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022 di Balai Kota Malang

 2,259 total views,  6 views today

Malang, www.jawamedianews.com – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Syafrial menghadiri upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 2022 yang dilaksanakan di Halaman Balai Kota Malang, Jalan Tugu, No.1 Kota Malang. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Malang Drs. Sutiaji (Irup) dan diikuti oleh 250 orang diantaranya TNI (AD,AU,AL), Polri, Instansi Pemerintahan Kota Malang dan pemuda pemudi Malang Raya. Jumat (28/10/2022).

Dilansir dari Penerangan Divif 2 Kostrad, bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 2022 kali ini mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Dalam upacara tersebut, Drs. Sutiaji menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Beliau menuturkan, “Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.”

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” ujar Wali Kota Malang.

“Melalui tema “Bersatu Bangun Bangsa” memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi Bangsa Indonesia,” sambung Sutiaji.

Sementara itu, Mayjen TNI Syafrial menuturkan bahwa Peristiwa Sumpah Pemuda mengajarkan kepada masyarakat Indonesia mengenali nilai-nilai persatuan bangsa. “Ikrar satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa ini melahirkan semangat dan persatuan para pemuda dalam menjaga tanah air dari penjajahan dan Peristiwa Sumpah Pemuda ini menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya untuk tetap bersatu membangun bangsa ke arah yang lebih baik,” tandas Pangdiv

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Danlanal Malang, perwakilan Danlanud Abd. Saleh Malang, Danrem 083/BDJ, perwakilan Kapolresta Malang Kota, Wadanyon B Pelopor, Dandim 0833/ Kota Malang, Wakil Walikota Malang, Ketua DPRD Kota Malang, Kepala Pengadilan Negeri Malang dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang. (*Red/Jo)