September 28, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Pangdivif 2 Kostrad Dampingi Dankodiklat TNI Tinjau Latgab Utama Linud 2022

 358 total views,  6 views today



Lombok Tengah, www.jawamedianews.com – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Syafrial selaku Pangkogasgab Linud bersama Dankodiklat TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan bertindak sebagai Dirlat meninjau langsung Latihan Gabungan Utama Linud tahun anggaran 2022 yang berlangsung di daerah Sengkol, Lombok Tengah, NTB.

Latgab Utama Linud TA 2022 ini merupakan event besar karena latihan ini melibatkan 2 matra TNI yakni TNI AD yaitu Satuan Brigif Para Raider 18/Trisula Divif 2 Kostrad dan TNI AU dari Lanud Abd. Saleh.

Kegiatan penerjunan di awali 1 tim KDOL dari Denpandu Taikam Brigif Para Raider 18/Trisula dan Denmatra TNI AU yang melaksanakan penerjunan statik di ketinggian 1.500 kaki dengan parasut taktis militer lengkap dengan senjata dan perlengkapan tempur. Setelah penerjunan, Tim KDOL menyiapkan Droop Zone (Daerah Penerjunan) telah dikuasainya, lanjut memandu Pasukan Linud melaksanakan Terjun Taktis.

Selang beberapa waktu, terlihat 4 unit Pesawat Hercules TNI AU melintasi langit Sengkol dan menerjukan ratusan prajurit para handal dengan menggunakan Payung Statik yang menghiasi keindahan langit di bumi Lombok Tengah, NTB.  

Saat ditemui di lokasi Sabtu, (17/9/2022) Mayjen TNI Syafrial selaku Pangkogasgab Linud menyampaikan, bahwa latihan tersebut mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan 5 operasi Linud guna mengatasi serta menanggulangi ancaman terhadap pertahanan dan keamanan nasional yang diperkirakan akan terjadi. 

“Tujuan lain yaitu sebagai show a force kepada dunia luar, bahwa TNI telah siap dan sigap untuk mengamankan dan mensukseskan kegiatan yang berskala Internasional yaitu KTT G20 yang akan digelar pada pertengahan November 2022 di Bali nantinya,” ujarnya dalam rilis tertulis yang diterima www.jawamedianews.com pada Senin, 19 September 2022.

Pangdivif 2 Kostrad menjelaskan, bahwa selain dari Latihan Gabungan Utama Linud TA 2022, Latihan tersebut juga untuk meningkatkan kesiapan prajurit Satuan Divif 2 Kostrad sebagai satuan PPRC TNI dalam menghadapi tugas-tugas operasi ke depan yang semakin kompleks. “Latihan Gabungan Utama Linud TA 2022 ini juga untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan seluruh prajurit Divif 2 Kostrad dalam hal penerjunan sehingga akan tercapai kesiapan operasional yang tinggi,” paparnya. 

Dankodiklat TNI sangat mengapresiasi para penerjun, “Saya sangat senang dan bangga terhadap kehebatan prajurit Linud satuan Divif 2 Kostrad, karena latihan ini berjalan dengan lancar, aman tanpa kendala. Masyarakat disini pun sangat antusias dan mendukung melihat jalannya latihan prajurit Linud satuan Divif 2 kostrad,” pungkasnya.

Diakhir kegiatan, Letjen TNI Bambang Ismawan dan Mayjen TNI Syafrial beserta Forkopimda Lombok Tengah melaksanakan bakti sosial membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat setempat. (*Red/Jo)