September 28, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Infolahta Divif 2 Kostrad Resmi Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan TI Berbasis LAN Messenger

 1,275 total views,  8 views today



Malang, www.jawamedianews.com – Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis teknologi digital merupakan salah satu dari prioritas dari Divisi Infanteri 2 Kostrad. Untuk itu, Kainfolahta Divif 2 Kostrad resmi membuka pelatihan peningkatan kemampuan teknologi informasi semester II tahun anggaran 2022 berbasis LAN Messenger. 

Acara berlangsung di Gedung Sandoyo Madivif 2 Kostrad di Singosari, Malang diawali dengan sambutan dari Kainfolahta Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Drs. Sutarno yang mengatakan, bahwa hendaknya patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sehingga masih diberikan kesempatan bertatap muka untuk melaksanakan pelatihan dalam keadaan sehat walafiat. 

Mayor Inf. Drs. Sutarno menjelaskan, berkenaan dengan hal tersebut, pihaknya mengucapkan selamat datang kepada para peserta dari jajaran Divif 2 Kostrad guna mengikuti kegiatan pelatihan. “Pelatihan ini dilaksanakan atas semakin mendesaknya kebutuhan sumber daya manusia untuk mengawaki sistem informasi khususnya teknologi informasi pengolahan data yang berbasis Local Area Network. Teknologi Informasi merupakan bagian penting dalam reformasi birokrasi untuk mewujudkan pemerintahan yang berbasis elektronik/E- Goverment, dengan teknologi informasi pengolahan data tersebut, maka pekerjaan yang bersifat adminstrasi dan pengolahan data dapat dilaksanakan dengan efektif, efesien dan hemat biaya,” kata Kainfolahta Divif 2 Kostrad dalam keterangan yang diterima www.jawamedianews.com, Selasa (20/9/2022). 

Kainfolahta  Divif 2 Kostrad menjelaskan bahwa, pelatihan dilaksanakan dengan materi tentang teknologi informasi berbasis Local Area Network Messenger, dengan tujuan utama adalah upaya alih teknologi informasi kepada personel jajaran Divif 2 kostrad secara bertahap.

“Kami telah melakukan uji coba terhadap aplikasi LAN Messenger ini di kantor staf Infolahta dengan hasil memuaskan, dalam rangka pelaksanaan pelatihan ini, Infolahta Divif 2 Kostrad menyiapkan tenaga pelatih dan pengajar yang cukup mumpuni sehingga telah teruji pada praktek uji coba. Namun demikian, perangkat keras dalam hal ini kondisi laptop/komputer serta jaringan internet tetap merupakan faktor yang sangat menentukan,” paparnya. 

Sutarno menambahkan, bahwa selain bertujuan alih teknologi informasi pengolahan data, ada sasaran lain yang ingin dicapai yaitu menciptakan sistem pengolahan data secara elektronik di Divif 2 Kostrad untuk mendukung terwujudnya sistem pemerintahan yang berbasis elektronik. 

“Yang perlu ditekankan adalah pertama, laksanakan dan pahami pelatihan ini dengan penuh semangat dan rasa tanggung jawab sehingga mendapatkan output yang siap pakai. Kedua ikuti setiap arahan dan petunjuk teknis yang disampaikan oleh pemateri sehingga kegiatan ini bermanfaat bagi satuan. Ketiga terapkan teknologi informasi pengolahan data khususnya Local Area Network Messenger di staf dan satuan kalian. Keempat selama kegiatan pelatihan ini berlangsung tetap laksanakan protokol kesehatan,” tutupnya. (Infolahtadif2kostrad/Jo)