December 9, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Dukung Program Jokowi BBPPTP Surabaya Produksi Benih Kelapa Dalam dan Kelapa Genjah

 549 total views,  2 views today

Lombok, www.jawamedianews.com – Dalam rangka mendukung program “Kejar 1 Juta Benih Kelapa” yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya bekerja sama dengan Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian ( BPTP) Nusa Tenggara Barat, melaksanakan kegiatan Produksi Kelapa Dalam dan Kelapa Genjah dengan target salur 10.000 batang.

Pada kesempatan tersebut Direktur perbenihan Dr. Ir. M. Saleh Mochtar, M.P bersama Kepala BBPPTP Surabaya Ir. Parlin Robert Sitanggang, melaksanakan kunjungan kerja ke tempat Penyemaian Benih Kelapa di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Labuan Lombok Pringgabaya, Lombok Timur.

Kepala BBPPTP Surabaya Ir. Parlin Robert Sitanggang mengatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan petani memiliki nilai tambah dalam mengahadapi krisis pangan dengan menanam Kelapa Genjah.

“Jadi ada nilai tambah pendapatan petani dengan menanam Kelapa Genjah,” ujar Ir. Parlin Robert Sitanggang.

Benih Kelapa Dalam dan Kelapa Genjah tersebut nantinya akan disalurkan untuk kelompok tani dan   masyarakat  di wilayah Lombok Timur dan Lombok Tengah. Jenis kelapa ini bisa ditanam di pekarangan rumah maupun hamparan lahan yang luas.

Pemilihan produksi benih Kelapa Genjah ini karena memiliki keistimewaan lebih cepat berbuah yaitu pada umur 3-4 tahun, sedangkan untuk Kelapa Dalam menghasilkan buah pada umur 6-8 tahun. (Tim Publikasi BBPPTP Surabaya)