December 3, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Divisi Infanteri 2 Kostrad Laksanakan Latihan Posko Latgabut Linud 2022

 1,245 total views,  2 views today



Malang, www.jawamedianews.com – Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia menyelenggarakan Latihan Gabungan Utama Lintas Udara (Latgabut Linud) tahun anggaran 2022. Menyikapi hal tersebut, Satuan Divisi Infanteri 2 Kostrad melaksanakan latihan posko mulai 12/9 hingga 14/9 yang betempat di Gedung Sandoyo Madivif 2 Kostrad, Singosari, Malang.

Rangkaian latihan  di awali dengan Latihan Posko ini, kemudian nantinya akan dilanjutkan dengan Latihan Lapangan Latgab Utama Linud pada 15/9 sampai 18/9 mendatang yang bertempat di daerah Sengkol, Lombok Tengah, NTB. 

Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Syafrial menyampaikan, bahwa tujuan dari latihan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan juga keterampilan serta kemampuan dalam melaksanakan operasi Linud guna mengatasi serta menanggulangi ancaman terhadap pertahanan dan keamanan nasional yang diperkirakan akan terjadi.

“Latihan Posko ini, interoperabilitas angkatan menjadi hal yang strategis. Selain itu seluruh satuan dan Alutsista yang digunakan harus teruji dihadapkan dengan medan yang sebenarnya,” kata Pangdiv dalam rilis tertulis yang diterima www.jawamedianews.com pada Rabu, 14 September 2022. 

Lanjut Pangdiv, demikian pula dengan doktrin, prosedur dan organisasi satuan. “Oleh karena itu, seluruh satuan dan personel yang terlibat harus mampu melaksanakan seluruh materi harus dikembangkan, mulai dari tahap perencanaan, persiapan pelaksanaan geladi posko sampai dengan pelaksanaan latihan penerjunan nanti di Lombok Tengah, NTB,” tutur Pangdiv.

Ditambahkannya, “Satuan Divisi Infanteri 2 Kostrad sebagai satuan yang terbesar dan terkuat ini telah mendapat mandat dari pucuk pimpinan TNI yaitu Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa dan mari kita semua harus bisa menuntaskan tugas mulia ini dengan profesional dan optimal,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Syafrial bertindak sebagai Pangkogasgab Linud, Marsma TNI Tahyodi bertindak sebagai Wadirlat, Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad Brigjen TNI Mohammad Fadjar sebagai Kaskogasgab Linud, Irdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Bahram, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani bertindak sebagai Katimlai serta para pejabat teras Madivif 2 Kostrad dan yang tergabung sebagai pelaku. (*Red/Jo)