August 17, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Peringatan Iduladha 1443 Hijriah Divif 2 Kostrad Sembelih 21 Ekor Hewan Kurban

 552 total views,  2 views today


Malang, www.jawamedianews.com – Dalam rangka memperingati hari raya Iduladha 1443 Hijriah / 2022 Masehi, Divif 2 Kostrad melaksanakan salat Iduladha dan penyembelihan 21 ekor hewan kurban. Ibadah ini turut dihadiri Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Syafrial beserta pejabat Divif 2 Kostrad.

Pelaksanaan ibadah salat ini dimulai pada pukul 06.30 sampai dengan 07.00 WIB, bertindak sebagai Bilal, H. Maskur Singosari dan penceramah Ustad Erik Kusbandono (Dosen UIN Malang). Peringatan Hari Raya Iduladha kali ini mengambil tema “Menumbuhkan Kepedulian Sosial”.  

Dalam ceramah Ustad Erik Kusbandono, disampaikan, di pagi hari ini kita kembali bersimpuh dihadapan Allah SWT seraya bertakbir, bertahmid, bertasbih dan bertahlil. Allahu Akbar, Maha Besar Allah yang telah menciptakan manusia dalam bentuk yang paling lengkap, sempurna dan paling mulia.


“Peringatan Iduladha ini mengandung hikmah di balik peristiwa pengorbanan paling besar sepanjang sejarah yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim A.S bersama keluarganya. Terdapat tiga hikmah kurban yaitu pertama, kesanggupan dan kemampuan seorang muslim dalam menghadapi ujian keimanan. Kedua, sebagai simbolis atas penyembelihan sifat-sifat hewanian dan yang terakhir sebagai bentuk kasih sayang Allah atas ketaatan hambanya,” ujar Ustad Erik dalam ceramahnya di Lapangan Madivif 2 Kostrad, Singosari, Minggu (10/7/2022)..

Setelah Salat Iduladha, dilakukan juga penyerahan hewan kurban secara simbolis oleh Panglima Divisi kepada ketua panitia kurban Letda Inf. Ngatuwi, dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban yang bertempat di Halaman Masjid Sabilul Huda Madivif 2 Kostrad. Jumlah total hewan kurban 5 ekor sapi dan 16 ekor kambing yang nantinya akan dibagikan kepada yang berhak menerima.

Disisi lain, Pangdivif 2 Kostrad mengimbau kepada seluruh jemaah agar mengambil hikmah dari ceramah yang diberikan Ustad Erik Kusbandono. “Dengan Semangat berkurban disertai menanamkan keikhlasan, semoga kita semua selalu ada dalam lindungan Allah SWT,” tutur Bapak Vicadha tersebut.

Kemudian Pangdivif 2 Kostrad menggelar open house bertempat di Café Perwira Madivif 2 Kostrad. Dalam acara ini turut hadir Kasdivif 2 Kostrad, Irdiv 2 Kostrad, Asren Divif 2 Kostrad, Para Asisten Kasdivif 2 Kostrad, Irutum Divif 2 Kostrad, Iruben Divif 2 Kostrad, dan Para Danden Divif 2 Kostrad. (*Red/Jo)