June 26, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Perkuat Silaturahmi Dengan Halalbihalal Bersama Warga RT 04 RW 14 Kelurahan Lowokwaru 

 1,174 total views,  2 views today

Malang, www.jawamedianews.com – Malam ini warga Rukun Tetangga (RT) 04 Rukun Warga (RW) 14 Kelurahan Lowokwaru menggelar halalbihalal. Acara bertajuk “Dengan Halalbihalal Perkuat Silaturahmi” berlangsung di Jalan Mawar 1 No. 29 Kota Malang, Rabu (25/5/2022) diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ananda Nisa Ruhmawati dan Azkia Zivara Nurita.

Halalbihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam, biasa dilakukan pasca lebaran tepatnya di bulan Syawal. Tradisi ini menjadi kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan saling memaafkan.

Ketua RT 04, Gatot Wibisono dalam sambutannya menyampaikan permintaan maaf kepada para tamu undangan. “Atas nama RT 04 saya mengucapkan selamat Idulfitri 1443 Hijriah, Minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin atas semua kesalahan serta kekhilafan selama ini baik disengaja maupun tidak,” ucap Gatot. 

Gatot menjelaskan bahwa, sudah dua tahun kegiatan di RT 04 terhenti akibat pandemi Covid-19. Dan tahun ini baru digelar kembali kegiatan halalbihalal. “Meskipun saat ini kita sudah mulai melaksanakan transisi dari pandemi menuju fase endemi, kegiatan yang digelar tetap menerapkan protokol kesehatan. Untuk warga yang diundang pun masih terbatas,” jelas Ketua RT 04.

Sementara itu dalam tausiyahnya, Dr. KH. Sudirman Nahrawi, M.Ag., memaparkankan bahwa makna dari kegiatan halalbihalal ini adalah silaturahim. Silaturahim terdiri dua kata yakni silaht memakai huruf shod yang artinya menyambung dan rahim berasal dari kata rahim ibu sehingga bermakna kasih sayang.

“Alhamdulillah tahun 2022 ini Allah SWT telah menakdirkan kita untuk menggelar acara halalbihalal, tujuannya adalah untuk menyambung tali kasih sayang dan saling memaafkan,” kata Abah Sudirman sapaan akrabnya. 

Abah Sudirman juga mengingatkan, “Marilah kita saling menjaga silaturahmi antar sesama agar terhindar dari penyakit hati, karena orang yang sudah terjangkit penyakit hati maka hidupnya tidak akan tenang,” pesan pria yang juga pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Ahlus Sunnah wad Dakwah Ulul Albab Malang serta Dosen Pascasarjana UIN Malang itu. 

Acara yang dihadiri perwakilan masing-masing RT 01 – 10 serta jajaran pengurus RT 04 dan RW 14 tersebut diiringi lantunan selawat Grup Safinatun Najah asal Lesanpuro Kota Malang yang dikomandoi oleh Gus Aziz dan dilanjutkan ramah tamah serta mushofahah atau bersalam-salaman. (An)