May 26, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Komunitas Sosial dan Kemanusiaan KSK Indonesia

 620 total views,  2 views today

Kota Malang, www.jawamedianews.com – KSK Indonesia merupakan sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan. KSK Indonesia berdiri pada 16 Januari 2017, di Kota Malang.

Berawal dari keinginan untuk menggerakkan teman-teman relawan kemanusiaan di Kota Malang agar mempunyai kreatifitas, dan menjadi insan yang lebih bermanfaat, serta memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Saat ini anggota KSK Indonesia berasal dari seluruh wilayah Indonesia, baik yang saat ini ada di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan cakupan kegiatan tidak hanya di Kota Malang tetapi menjangkau seluruh Nusantara, mulai dari daerah Sabang hingga Merauke.

Ketua Komunitas Sosial KSK Indonesia, Ana mengatakan bahwa walaupun gerakan sosial kemanusiaan ini masih sangat minim, tetapi ia yakin semua kegiatan bermanfaat bagi bangsa.

“Kami berharap dengan adanya komunitas ini bisa membentuk dan menjadi wadah bagi kawula muda untuk berkreasi dalam segala bidang terutama yang berkaitan dengan penerapan nilai-nilai sosial kemanusiaan. Tujuan utama dari komunitas ini adalah membantu mereka yang membutuhkan dalam segala bentuk dukungan, baik moril maupun materiil serta tenaga,” tuturnya.

Ana berharap dengan adanya kegiatan sosial kemanusiaan yang menyentuh sampai ke akar rumput, kerukunan yang ada semakin terjalin kuat antara anggota, donatur dan masyarakat yang telah diberikan bantuan, serta dengan seluruh stakeholder terkait.

“Kegiatan KSK Indonesia nantinya tidak hanya terbatas pada lingkup sosial dan kemanusiaan, akan tetapi juga menjadi wadah guna memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan untuk jangka panjang. Tidak hanya bagi para anggota namun juga terbuka untuk kalangan umum,”ungkapnya.

Deskripsi Logo KSK, sesuatu yang bermakna dan memiliki arti tersendiri, dengan ide dan kreasi dengan arti sebagai berikut :

Tertulis gambar Logo “KSK Indonesia” merupakan singkatan Komunitas Sosial & Kemanusiaan. Ditulis dalam bentuk singkatan agar nama komunitas lebih mudah dihafal. Lambang dan tulisan dibuat sederhana agar masyarakat mudah mengenal dan menghafal secara visual.

Garis kotak terbuka di kedua ujung menggambarkan KSK Indonesia yang selalu terbuka dan transparan kepada seluruh anggotanya serta setiap anggota berhak untuk mengeluarkan pendapatnya masing-masing tanpa dibatasi oleh struktur karena setiap individu adalah setara. Selain itu, garis ini menggambarkan bahwa KSK terbuka terhadap segala bentuk kerja sama dengan komunitas lain yang memiliki tujuan yang sama dengan KSK Indonesia. 

Warna putih pada huruf menggambarkan kesederhanaan yang dipadukan dengan warna dasar merah sehingga menyatukan unsur “Merah Putih”.

Slogan KSK Indonesia: Berbagi kebahagiaan, dengan Visi: Bersama kita belajar berbagi, always learning and sharing. Misi : 1. Bekerja sama, berkoordinasi, berpartisipasi dengan instansi pemerintah, instansi swasta dan berbagai elemen masyarakat dalam menciptakan kondisi yang kondusif. 2. Saling berbagi kebahagiaan dengan sesama. 3. Tanggap, bekerja, bersinergi bersama komunitas lain yang bertujuan untuk berbagi dengan sesama. 4. Menerapkan nilai-nilai Pancasila.

 Sasaran nilai : 1. Integritas, 2. Kerja sama tim, 3. Tanggung jawab secara pribadi dan social, 4. Komitmen dalam berbagi, 5. Fokus pada kemanusiaan dan keadilan social. (Tim Publikasi KSK Indonesia)