August 15, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Pangdivif 2 Kostrad Resmi Buka Latihan Penyiapan Pratugas Satgas Yonif Raider 514/SY

 1,027 total views,  2 views today

Bondowoso, www.jawamedianews.com – Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Dwi Wahyu Winarto resmi membuka jalannya latihan Penyiapan Pratugas Satgas Yonif Raider 514/Sabbada Yudha/9/2 Kostrad dalam rangka Operasi Satgas Satuan Organik di Provinsi Papua TA 2022.

Kegiatan dengan tetap menerapkan kesehatan tersebut berlangsung di Markas Yonif Raider 514/Sabbada Yudha/9/2 Kostrad, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso, pada Senin, 11 April 2022.

Divisi Infanteri 2 Kostrad beserta satuan jajarannya dituntut untuk senantiasa berada pada kondisi kesiapsiagaan yang tinggi, sehingga sewaktu-waktu siap dikerahkan ke medan operasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Yonif Raider 514/Sabbada Yudha/9/2 Kostrad menunjukkan kesiapannya sekaligus mendapat kehormatan dalam mengemban tugas dari pucuk pimpinan TNI sebagai Satgas Satuan Organik untuk melaksanakan tugas pokok Kodim dan Koramil di wilayah Papua.

Sebagai modal utama dalam menjalankan keberhasilan tugas tersebut, prajurit Satgas Yonif Raider 514/Sabbada Yudha/9/2 Kostrad akan melaksanakan Latihan Penyiapan Pratugas yang diharapkan dapat menjadi bekal berharga sebelum nantinya melaksanakan Latihan Pratugas yang diaplikasikan di medan operasi sebenarnya.

Dalam amanatnya Pangdivif 2 Kostrad, beliau menyampaikan ”Kegagalan suatu Satuan dalam pelaksanaan tugas operasi disebabkan berbagai faktor yang diantaranya adalah kelalaian dan ketidak pedulian prajurit dalam menerapkan teknik dan taktik bertempur di daerah penugasan. Hal ini tentu tidak akan terjadi apabila setiap prajurit senantiasa mengaplikasikan teknik dan taktik secara benar sesuai dengan apa yang dilatihkan selama pelaksanaan Latihan Penyiapan Pratugas dan Latihan Pratugas,” tuturnya.

”Selain itu ada beberapa element pendukung lainya yang harus dipahami yaitu Aplikasikan prosedur hukum dan HAM, KUHP dan ROE (Rule Of Engagement) perbantuan TNI ke Polri dalam pelaksanaan kegiatan teritorial di Papua, Aplikasikan materi teritorial dan intelijen, Tingkatkan kemampuan perorangan baik fisik, disiplin, naluri tempur dan kemampuan PKT PKM terhadap segala situasi, serta Tingkatkan kepemimpinan lapangan,” pungkas Pangdivif 2 Kostrad.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Irdivif 2 Kostrad, Asops Kasdivif 2 Kostrad dan Aster Kasdivif 2 Kostrad, Dandenpal, Dandenhub, Dandenpom Divif 2 Kostrad, Wakil Komandan Latihan, serta penyelenggara dan pendukung latihan. (*Red.JMN)