August 17, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Ourwish Jawa Timur Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

 1,467 total views,  2 views today

Lumajang, www.jawamedianews.com – Program Santunan Ramadan kembali digelar oleh Ourwish Jawa Timur. Kali ini kegiatan diperuntukkan para korban erupsi Gunung Semeru supaya bisa menjalani Ramadan dengan khusyuk ditengah musibah yang menimpa.

Bantuan diberikan bukan lagi kebutuhan bahan pokok melainkan uang tunai yang diberikan langsung kepada warga terdampak di Desa Sumbersari dan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang pada Minggu, 17 April 2022.

”Santunan Ramadan merupakan program rutin kami pada setiap tahunnya, bantuan ini diharapkan menjadi bingkisan istimewa yang dapat dimanfaatkan oleh warga terdampak erupsi Gunung Semeru dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan,” ungkap Ardian, Ketua Ourwish Jawa Timur.

Proses distribusi program Santunan Ramadan ini tidak mudah. Pasalnya, jalur ekstrem yang dilalui butuh waktu seminggu sebelumnya untuk mengumpulkan warga. Karena saat ini warga ada di hunian sementara (huntara) letaknya berjauhan sekitar 2km-5km dengan medan terjal akibat banjir lahar disertai batu-batu besar.

Meski demikian, relawan tersebut terus berjuang demi menunaikan amanah dari para donatur untuk menyalurkan program Santunan Ramadan kepada warga korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

Selain mengajak keliling ke lokasi dampak erupsi dengan menggunakan motor warga setempat, Sumarto selaku Ketua RT setempat menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan untuk warganya. “Mewakili warga, saya mengucapkan terima kasih atas bantuannya, alhamdulillah ini sangat bermanfaat sekali apalagi sebentar lagi hari Raya Idulfitri,” tandasnya.

Usai melaksanakan bakti sosial, rombongan relawan menggelar buka puasa bersama. (An)