August 13, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Kota Malang Resmi Luncurkan Logo HUT ke-108

 1,317 total views,  4 views today

Kota Malang, www.jawamedianews.com – Menyambut peringatan ulang tahun ke-108 Kota Malang  pada 1 April 2022 mendatang, Pemerintah Kota Malang meluncurkan Logo dan tema resmi HUT.  Selasa (15/3/2022).  

Tema yang diambil adalah “Kolaborasi, Akselerasi dan Bangkit Bersama”.

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, pilihan tema tersebut merefleksikan semangat kebangkitan dalam bingkai keselarasan langkah mewujudkan visi dan misi pembangunan Kota Malang Bermartabat. Karena dalam dua tahun terakhir, Kota Malang menghadapi tantangan pandemi Covid-19. 

Kita sudah melihat sejumlah indikasi empirik positif. Untuk bangkit bersama, kita butuh kolaborasi, bersatu sehingga ada akselerasi pembangunan yang mensejahterakan,” jelas Sutiaji. 

Masih menurut orang nomor satu di Pemkot Malang ini, menegaskan optimisme akan kebangkitan tidak terlepas dari penanganan pandemi Covid-19 yang semakin baik, sebagai modal penting membangun kembali sendi-sendi ekonomi dan sosial kemasyarakatan. 

Ketika era awal pandemi Covid-19, perekonomiam Kota Malang sempat terkontraksi pada – 2,26 persen pada tahun 2020. Namun, seiring berjalannya waktu, perekonomian Kota Malang semakin tumbuh dan melesat + 4,21 persen pada tahun 2021. 

Lebih lanjut, dalam perkembangannya, realisasi pendapatan asli daerah (PAD) juga mengalami peningkatan. Yakni pada  2020 sebesar Rp491 miliar, kemudian pada 2021 sebesar Rp603 miliar. Selain itu, indeks pembangunan manusia (IPM) juga mengalami peningkatan pada angka 82,04 persen tahun 2021. 

Hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP) dan infrastruktur strategis seperti Jembatan Tunggulmas, ada tiga sekolah baru dan terus berprosesnya Malang Creative Center (MCC) serta ditopang dengan akuntabilitas kinerja pemerintahan, berpredikat sangat baik secara nasional menjadi tambahan modal optimisme pada tahun 2022. 

Kesemuanya dirangkum dalam narasi HUT ke-108 Kota Malang yang dimaknai dalam tema resmi, yakni “Kolaborasi, Akselerasi dan Bangkit Bersama”. 

Makna dari tema “Kolaborasi” yang dimaksud adalah Kota Malang yang sarat dengan sejarah, budaya dan potensi diyakini akan tumbuh menjadi kota terkemuka dikancah nasional bahkan dunia dengan mengusung semangat kolaborasi antara pemerintah, akademisi, masyarakat, media, perbankan dan jasa keuangan, serta dunia usaha. Semua itu untuk memaduserasikan sumber daya dan talenta untuk satu tujuan. Satu simfoni dalam ragam warna adalah energi untuk kota dan bangsa ini.

Makna dari tema “Akselerasi” dimaksudkan bahwa Kota Malang memiliki keyakinan bahwa berbekal energi yang dialirkan lewat kolaborasi akan melahirkan momentum percepatan pemulihan ekonomi dan pencapaian target-target pembangunan. 

Makna dari tema “Bangkit Bersama” dimaksudkan bahwa Kota Malang ingin mewujudkan kebangkitan yang bisa dirasakan seluruh masyarakat lewat program, kegiatan, inisiatif, inovasi pembangunan yang semakin inklusif dan berkelanjutan.  

Ketiga esensi tema resmi tersebut juga menjadi dasar perumusan Logo resmi HUT ke-108  Kota Malang.

Terdapat empat elemen utama dari Desain Logo. Elemen pertama adalah angka “108th” berwarna biru yang menjadi penanda usia dan warna kebanggaan Kota Malang. Elemen kedua adalah elemen maskot Osi-Ji dengan gestur bersemangat untuk bersinergi. Kemudian elemen ketiga yakni tulisan Kota Malang berwarna hijau disertai narasi tema sebagai representasi warna lambang pemerintahan dan cita-cita kesejahteraan. Lalu terakhir elemen keempat yakni kelopak bunga, yang bermakna Malang sebagai kota bunga siap bermekaran secara sosial dan ekonomi dalam menghadapi pandemi Covid-19. (*Red/BMK)