August 15, 2022

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Bodycam Inovasi Baru Polrestabes Surabaya untuk Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat

 1,253 total views,  2 views today


Surabaya, www.jawamedianews.com  – Untuk memberikan pelayanan terbaik dan transpransi kepada masyarakat dilapangan kini anggota Polrestabes Surabaya dibekali bodycam sebagai inovasi baru. Dengan adanya bodycam pada setiap anggota bisa memberikan realita atau realistis kejadian sebagai penyeimbang bila ada komplain terkait penanganan Kepolisian.

Hal ini seperti dikatakan oleh Kapolrestabes Surabaya Akhmad Yusep Gunawan, S.H., S.I.K., M.H, didampingi Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo beserta PJU Polrestabes Surabaya saat menandatangani kontrak kerja dengan CV Graha Solution sebagai vendor Body Camera atau biasa disebut  Body Warm Camera kemarin, Jumat (18/3/2022).

“Ini untuk mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian di Polrestabes Surabaya baik secara terbuka dan tertutup,” kata Kapolrestabes Surabaya.

Menurut Kapolrestabes Surabaya, Bodycam memiliki fungsi dan manfaat yang bagus dalam menindaklanjuti program pimpinan untuk menunjang pelaksanaan tugas personel di lapangan.

“Dengan adanya bodycam ditubuh anggota maka juga akan mempermudah penyelidikan jika sewaktu-waktu ada informasi negatif tentang anggota dilapangan,” terangnya.

Ditambahkan Kombes Pol Yusep, penerapan kebijakan pemakaian bodycam pada tiap anggota baik terbuka dan tertutup diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas Polri dalam melaksanakan tugasnya dengan jujur dan baik dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Untuk pemakaian alat ini nantinya akan digunakan secara terbuka supaya masyarakat tahu, hal ini untuk mencegah agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan hukum  dan tidak terkesan Polri mencari-cari kesalahan masyarakat,” tambahnya.

Rencana pada tahap pertama pihak kepolisian ada mengambil sekitar 50 unit dan pengadaan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan.

“Kebutuhan ini sangat mendesak karena perkembangan sosial masyarakat yang mulai meningkat di tengah PPKM  level 2 surabaya,” pungkas Kapolresta Surabaya pada Beritamadani.co.id. 

Sementara itu di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto membenarkan adanya inovasi yang dimiliki Polrestabes Surabaya ini.

Menurut Kombes Dirmanto inovasi Polrestabes Surabaya tersebut  juga merupakan implementasi dari penekanan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta tentang Tugas Wewenang dan Tanggungjawab.

“Itu Inovasi yang baik wujud dari pelaksanaan Tugas Wewenang dan Tanggungjawab Polri,” kata Kombes Dirmanto. (*19.hms/BMK)