November 30, 2021

JAWAMEDIANEWS

Media Online Indonesia

Disporapar Kota Malang Bersama PPMI Gelar Pemilihan Duta Pemuda Tahun 2021

 909 total views,  10 views today

Kota Malang, www.jawamedianews.com – Dalam rangka menggali potensi pemuda, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang bersama DPC PPMI (Purna Prakarya Muda Indonesia) Kota Malang menggelar pemilihan Duta Pemuda Tahun 2021, yang bertempat di Stadion Gajayana Jalan Tenes, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Rabu (27/10/21).  

Duta pemuda adalah salah satu progam pemerintah sebagai upaya menyiapkan bekal kepada pemuda yang ada di Indonesia. Diharapkan dari adanya pemilihan duta pemuda, mampu menjadikan pemuda Indonesia yang kreatif, inovatif, mampu berpikir kritis dan mampu memberi solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

Dalam sambutannya, Kadisporapar Kota Malang, Dr. Ida Ayu Made Wahyuni, S.H.,M.Si., saat membuka acara yang mengangkat tema “Aksi Pemuda di Masa Pandemi”, berharap semua peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian acara seleksi secara baik hingga proses selesai dan didapat finalis.

“Ada dua duta yang ada dalam naungan Disporapar yakni Duta Wisata (duta yang memiliki tugas khusus mempromosikan wisata) dan Duta Pemuda (duta yang memiliki tugas lebih global yaitu meliputi bidang seni budaya, wirausaha dan ekonomi kreatif). Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para pemuda dan pemudi bisa turut andil dalam mengembangkan pada organisasi manapun khususnya di Kota Malang,” terang Kadisporapar.

Sementara itu, Ketua DPC PPMI Kota Malang, Moh. Hilal memaparkan, bahwa pendaftaran duta pemuda ini dibuka mulai 3/10 hingga 15/10/2021 melalui akun instagram @ppmi_kotamalang dengan jumlah 56 peserta. Pendaftaran dan test tulis dilakukan secara online serta yang lolos masuk dalam semifinalis sebanyak 20 peserta.

“Beberapa persyaratan dan kriteria telah diumumkan melalui akun instagram @ppmi_kotamalang yang salah satunya adalah peserta wajib menguasai atau memiliki keahlian dan minat di bidang teknologi, budaya serta kewirausahaan. Hari ini ada 20 semifinalis yang lolos audisi, hingga akhirnya nanti kami saring lagi menjadi 6 finalis untuk menjadi The Next Duta Pemuda Kota Malang 2021,” jelas Hilal sapaan akrabnya saat dikonfirmasi awak media online BMK Grup melalui aplikasi WhatsApp, Rabu (27/10/2021).

Lanjut Hilal, 20 semifinalis terdiri dari 14 putri dan 6 putra yang sebelumnya telah melakukan siaran bersama RRI Pro 2 FM dalam acara Numpang Numpang. “Selain menceritakan dan menjelaskan terkait persiapan pemilihan Duta Pemuda Kota Malang 2021, kami juga memaparkan mengenai pengalaman selama Jambore Pemuda Daerah Jawa Timur dan Jambore Pemuda Indonesia,” pungkasnya.

Enam finalis yang terpilih diantaranya Bagus Satria, Albany Pasha, Rafi Zaki, Maria Noveareza, Andrea Novita Devi, dan Nila. Selanjutnya akan dilaksanakan penobatan Duta Pemuda Kota Malang tahun 2021 pada puncak acara peringatan Sumpah Pemuda di halaman Stadion Gajayana. (An)